Alissa Wahid Terpilih dalam 20 Fortune Indonesia Most Powerful Women

Tahun ini, untuk pertama kalinya Fortune Indonesia merilis tajuk utama Most Powerful Women. Fortune memilih 20 perempuan Indonesia yang dipandang sebagai sosok yang kuat dan memiliki peran penting dalam melawan bias gender di berbagai sektor.

Koordinator Nasional Jaringan GUSDURian, Alissa Wahid masuk dalam 20 Most Powerful Women 2022 pilihan Fortune Indonesia. Selain Alissa, ada banyak nama-nama lain yang memiliki prestasi di berbagai bidang. Di antaranya adalah Najwa Shihab (Jurnalis dan Founder Narasi), Megawati Soekarnoputri (Presiden RI ke-5 dan Ketua Umum PDI-P), Kartini Muljadi (Pendiri Tempo Scan Pasific), Vera Eve Lim (Direktur Keuangan BCA), hingga Sri Mulyani Indrawati (Menteri Keuangan RI).

"Ada beberapa indikator dalam menentukan daftar perempuan 'terkuat' versi Fortune ini," seperti dikutip dalam fortuneidn.com, "Seperti besarnya pengaruh, perubahan, dan dampak yang dihasilkan olehnya bersama perusahaan, arah serta tujuan kepemimpinan yang jelas, performa dari bisnis atau lembaganya, perjalanan karier yang cemerlang, dan lainnya."

Pemimpin Redaksi Fortune Indonesia, Hendra Soeprajitno mengatakan bahwa 20 perempuan tersebut disusun bukan berdasarkan pemeringkatan. “Semuanya memiliki kekuatan, prestasi, dan manifestasi di bidangnya masing-masing. Mereka memberikan dampak positif ke masyarakat dengan caranya masing-masing,” ungkapnya.

Hendra juga menambahkan bahwa saat ini banyak keputusan penting dalam perekonomian Indonesia, termasuk pemerintahan dan politik yang sebenarnya dikendalikan oleh kaum perempuan.

Sejalan dengan itu, Winston Utomo, CEO & Founder IDN Media menuturkan bahwa ke-20 perempuan pilihan tersebut telah menjadi pembawa perubahan besar yang didambakan dalam hal kesetaraan dan kesempatan yang sama bagi siapa pun.

“Mereka secara langsung dan tak langsung menjadi perwakilan untuk mewujudkan cita-cita itu karena berada di dalam ring kepemimpinan yang bisa menentukan arah perubahan," papar Winston.

Author

Bagikan tulisan ini: