Komitmen Merawat Lingkungan Bersama, GUSDURian Banjarmasin Lakukan Penanaman Bibit Pohon

GUSDURian Banjarmasin dibantu oleh pihak Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Banjarmasin melakukan penanaman bibit pohon bersama. Sebanyak 30 bibit pohon, di antaranya bibit pohon alpukat, rambutan, mangga, jambu, jeruk nipis, jengkol, dan petai ditanam di RTH Taman Kamboja, Jl. H Anang Adenansi, Kelurahan Kertak Baru Ulu, Kec. Banjarmasin Tengah, Kota Banjarmasin, pada Selasa (22/02/2022) sore.

Kegiatan dilakukan dalam rangka menumbuhkan kesadaran untuk peduli terhadap lingkungan, terlebih pasca-banjir di Kalimantan Selatan yang sempat melanda. Terkait banjir besar tahun lalu di Kalimantan Selatan, Haderani, DLH Kota Banjarmasin berkomentar, “Penanaman pohon ini jelas memberikan pengaruh, akarnya untuk penyerapan air, mengurangi dampak banjir itu dengan adanya penghijauan.”

Penanaman pohon ini diinisiasi oleh teman-teman GUSDURian Banjarmasin yang fokus pada persoalan lingkungan. Kegiatan ini diharapkan bisa menginspirasi masyarakat Banjarmasin atas pentingnya merawat lingkungan.

“Penanaman bibit pohon di RTH dilakukan sore hari agar bisa dilihat langsung oleh masyarakat kota Banjarmasin yang sedang nongkrong santai atau berkegiatan di sana. Harapannya ketika masing-masing, baik yang menanam atau menyaksikan, bisa menyadari pentingnya merawat lingkungan bersama-sama, terlebih di wilayah tempat tinggal kita semua,” terang Roy Jons Hutasoit, penggerak GUSDURian Banjarmasin

Sejalan dengan itu, penggerak GUSDURian Banjarmasin lainnya menambahkan, “Kami berterima kasih kepada BPDASHL Barito yang telah mendukung penuh atas ketersediaan bibit. Selain itu kepada DLH Kota Banjarmasin yang juga sudah mengizinkan dan mendampingi selama penanaman bibit pohon.”

DLH Kota Banjarmasin selaku pihak pengelola RTH akan membantu merawat pohon yang ditanam. “Penanaman pohon ini merupakan kegiatan yang positif. Dengan adanya penanaman pohon ini artinya kita menghijaukan lingkungan, supaya dipandang sejuk, indah, dan terutama nyaman. Kegiatan ini sangat bermanfaat bagi orang banyak, amal jariyah lah bagi kita,” ujar Haderani.

Selain melakukan penanaman pohon di RTH, GUSDURian Banjarmasin juga mengkampanyekan penanaman pohon kepada masyarakat Banjarmasin yang mau menanam pohon di pekarangan rumah masing-masing atau di sekitar wilayahnya tinggal.

Author

Bagikan tulisan ini: