Sayembara Esai Penggerak GUSDURian, Apa Aja Sih Syaratnya?

Min, katanya Jaringan GUSDURian lagi bikin Sayembara Esai Penggerak GUSDURian ya?

Yap, betul.

Tumben min sayembaranya buat penggerak GUSDURian?

Ya nggak tumben juga sih. Jadi, berhubung Oktober bulan depan Jaringan GUSDURian pengen ngadain Temu Nasional (Tunas) 2022, kita pengen ngasih kesempatan temen-temen penggerak komunitas GUSDURian di seluruh Indonesia (dan luar negeri) buat menceritakan pengalaman mereka ber-GUSDURian selama ini. Kan seru-seru tuh cerita mereka. Sayang kalau nggak ditulis. Nah, bisa dibilang sayembara esai ini buat ngerayain #RoadToTunas2022, gitu.

Emang khusus penggerak GUSDURian aja min? Kalau peserta umum pengen ikutan gimana?

Nggak kok. Sayembara ini terbuka buat siapa aja. Kalau emang ada temen-temen selain penggerak GUSDURian yang pengen ikut, pintu kami sangat terbuka lebar. Nah, temen-temen non-penggerak yang mungkin nggak punya pengalaman ber-GUSDURian, bisa kok nulis esai tentang pengalamannya bertemu sosok Gus Dur atau pemikiran beliau. Pasti nggak kalah seru juga itu.

Oh gitu ya min. Kalau syarat tulisannya apa aja sih?

Yang pertama dan paling utama: tulisannya berisi cerita pengalaman pribadi, entah pengalaman berkesan saat ber-GUSDURian, menjadi penggerak komunitas, atau pengalaman ketemu sosok/pemikiran Gus Dur. Kedua, panjang tulisannya berkisar 900-1000 kata. Dan ketiga, tiap orang cuma boleh ngirim 1 tulisan ya.

Esainya dikirim ke mana min?

Kirim aja ke sini: s.id/sayembaratunas2022

Terus batas pengiriman esainya paling lambat kapan?

30 September nanti ya. Jadi untuk pengumpulan karya kami beri waktu sebulan, yaitu dari 1-30 September 2022. Tapi kalau udah ada ide buat ditulis, langsung tulis dan dikirim aja, takutnya malah keburu lupa kan?

Ya juga sih. Terus pengumumannya kapan min?

Pengumuman pemenangnya tanggal 15 Oktober 2022 ya. Setelah semua esai terkumpul, kami perlu melakukan penjurian dulu di tanggal 1-10 Oktober, barulah pengumuman. Nah, 30 esai terbaik nantinya akan dibukukan. Selain menjadi tanggal pengumuman, pada 15 Oktober itu juga bakal digelar peluncuran bukunya saat Temu Nasional di Surabaya.

Wah menarik juga tuh. Katanya ada reward juga ya min buat para pemenang?

Pasti dong. Panitia udah nyediain voucher belanja di GUSDURian Store buat 9 penulis esai terbaik. Rinciannya: penulis terbaik pertama dapet voucher senilai 1.000.000 rupiah. Penulis terbaik ke-2 dapet voucher senilai 750.000 rupiah. Penulis terbaik ke-3 dapet voucher senilai 500.000 rupiah. Penulis terbaik ke-4 dapet voucher senilai 250.000 rupiah. Dan penulis terbaik ke-5 sampai ke-9 dapet voucher senilai 150.000 rupiah.

Serius min?

Hooh tenan.

Gaslah kalau gitu! Kalau mau tanya-tanya lagi, kira-kira bisa ngontak siapa ya min?

Hubungi aja contact person-nya di sini: 081-554-456-304 (Pandu), atau bisa buka-buka websitenya tunas.gusdurian.net kalau pengen tahu info-info tentang Temu Nasional 2022 lainnya.

Siap. Makasih ya min.

Sama-sama 🙂



Author

Bagikan tulisan ini: