Social Media

Mengusung Konsep KPG ‘Goes to Campus’, Gerdu Suroboyo Sukses Laksanakan KPG Volume-1 di UINSA

Sabtu, 3 Juni 2023, Komunitas GUSDURian Surabaya (Gerdu Suroboyo) melaksanakan Kelas Pemikiran Gus Dur (KPG) volume 1 di Aula Fakultas Ushuluddin & Filsafat UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA).

Melihat betapa pentingnya menyebarkan nilai-nilai toleransi di kalangan pemuda, Gerdu Suroboyo mengusung konsep KPG ‘Goes to Campus’ dan berkolaborasi dengan berbagai organisasi mahasiswa dan kepemudaan di Surabaya untuk menjaring peserta dari kalangan anak muda.

UINSA menjadi kampus pertama sekaligus pembuka rangkaian KPG yang akan dilaksanakan sampai empat volume di empat universitas di Surabaya.

Dalam sambutannya, Siti Sumriyah selaku Koordinator Gerdu Suroboyo memaparkan tingginya sikap antipati mahasiswa di Surabaya dan pentingnya KPG ini yang diharapkan akan meningkatkan kesadaran anak muda akan sikap toleransi.

“Kami juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada segenap organisasi kepemudaan yang terlibat dalam menyelenggarakan acara KPG volume 1,” ungkap Koordinator Gerdu Suroboyo yang akrab dipanggil Mbak Sum tersebut.

Terhitung enam organisasi turut aktif menjadi panitia, yaitu Himpunan Mahasiswa (HIMA) Prodi Studi Agama-agama (SAA), Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM), Perhimpunan Mahasiswa Katolik Republik Indonesia (PMKRI), Pemuda Katolik, Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama’ (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul ulama’ (IPPNU) UINSA Surabaya, dan Roemah Bhinneka Moeda.

KPG volume 1 tersebut membahas biografi intelektual Gus Dur yang dipaparkan oleh tiga narasumber, yaitu Ali Mursyid Azisi, S. Ag (Anggota Asosiasi Penulis-Peneliti Islam Nusantara Se-Indonesia), Haidar Adama, S.H., L. LM. (Dosen Hukum Konstitusional Universitas Airlangga), dan A. Hakim Jayli, M. Si. (Founder & CEO TV9 Nusantara).

Sebanyak 104 peserta mengikuti dan menyimak pemaparan para narasumber. Antusiasme peserta terlihat dari aktifnya sesi tanya jawab. Melihat KPG volume 1 yang berjalan dengan baik, peserta maupun panitia semangat mempersiapkan dan mengikuti KPG volume 2 yang akan dilaksanakan di Kampus Universitas 17 Agustus 1945 (UNTAG) 10 Juni mendatang.

Penggerak Gerdu Suroboyo/Komunitas GUSDURian Surabaya, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *