Social Media

Haul Gus Dur ke-14: GUSDURian Gresik Ingatkan soal Kerukunan Menjelang Pemilu

Bulan Desember adalah bulan wafatnya Gus Dur. Pengikut Gus Dur yang tergabung dalam Jaringan GUSDURian di berbagai daerah masih mengenang keteladanan Gus Dur dan peringati Haul Gus Dur ke-14 dengan berbagai macam kegiatan positif.

Komunitas GUSDURian Gresik turut serta menyelenggarakan Haul Gus Dur dengan kegiatan doa bersama di Ponpes Internasional Al Illiyin Wringin Anom Gresik. Acara yang diselenggarakan tanggal 16 Desember 2023 ini dihadiri oleh koordinator GUSDURian Gresik, para penggerak GUSDURian Gresik, tokoh masyarakat, para santri dan jamaah Al Ibrahimi.

Koordinator GUSDURian Gresik, Choirul Anwar, menjelaskan peran Gus Dur semasa hidup yang membuat banyak orang yang mengunjungi makamnya hingga saat ini. Tidak hanya orang Islam, namun juga dari berbagai agama lainnya juga berdoa di makamnya. Baginya, hal itu karena ketauhidan yang tinggi yang dimiliki oleh Gus Dur dan melihat semua orang sebagai makhluk Allah.

Gus Irul, sapaan akrabnya, berharap dengan adanya haul ini dapat memberi keberkahan bagi jamaah dan berlanjut hingga anak turun.

“Abdurrahman Wahid menjadi presiden RI ke-4. Meski sebentar, beliau telah membawa perubahan yang luar biasa. Gus Dur mengangkat kaum minoritas, perjuangannya sampai ke luar negeri demi keutuhan NKRI, dan menjaga semua umat beragama sesuai falsafah negara yaitu Pancasila,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Penggerak GUSDURian Gresik, Nur Khosiah mengucapkan terima kasih kepada PP internasional Al Illiyin sudah mendoakan dan mengadakan doa bersama dalam Haul ke-14 Gus Dur.

Perempuan yang biasa disapa Khosiah ini menuturkan nilai-nilai dalam tema haul kali ini, yakni tentang meneladani budaya etika demokrasi Gus Dur.

“Untuk 2024 kita harus berpolitik yang damai, santun, dan riang gembira. Urusan pilihan politik berbeda itu biasa, yang penting kita sudah menyalurkan aspirasi politik kita tanpa harus melakukan atau menjadikan pemilu ini pemilu yang tidak damai,” ungkapnya.

Nur Khosiah juga menekankan bahwa GUSDURian Gresik tidak terlibat dalam politik praktis.

“Kami mohon dibantu jika ada beberapa calon yang mengatakan didukung GUSDURian Gresik, mohon disampaikan bahwa kami GUSDURian Gresik tidak terlibat dalam politik praktis,” tambahnya menjelaskan.

Penggerak Komunitas GUSDURian Gresik, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *