Social Media

Pilih Koordinator Baru, GUSDURian Kabupaten Blitar Lakukan Penyegaran

BLITAR – M. Mahmud Muwafiq resmi terpilih sebagai koordinator baru Komunitas GUSDURian Kabupaten Blitar dalam acara Pertemuan Komunitas (Community Meeting) yang berlangsung di Ponpes Darurroja’, Selokajang, Kabupaten Blitar pada Minggu, 7 Juli 2024.

Acara ini turut dihadiri oleh koordinator sebelumnya, penggerak senior GUSDURian Kabupaten Blitar, Masrukin dan Masruroh selaku Koordinator GUSDURian Jawa Timur, serta Laila Fajrin Rauf selaku Tim Sekretariat Nasional (Seknas) Jaringan GUSDURian. Beberapa peserta dari penggerak komunitas juga turut hadir dalam kegiatan tersebut.

Dalam sambutannya, Masrukin menekankan pentingnya menjaga jejaring dan kolaborasi aktif untuk mewujudkan visi bersama. Langkah ini diambil untuk menjawab tuntutan zaman yang semakin kompleks, dengan menjaga sembilan nilai utama Gus Dur dalam menyelesaikan permasalahan sehari-hari.

Pertemuan di pondok pesantren yang diasuh oleh Muhammad Ali Syaifulloh ini juga menjadi platform diskusi tentang isu-isu terkini di Kabupaten Blitar yang ternyata masih memiliki banyak pekerjaan rumah (PR). Misalnya permasalahan ekologi, tiga dosa besar pendidikan, penguatan demokrasi, dan beberapa lainnya.

Mengingat masih banyaknya PR yang harus digarap, maka dirasa penting untuk melakukan penyegaran dalam tubuh GUSDURian Kabupaten Blitar. Hal ini dilakukan dengan mendiskusikan kembali visi dan juga model kanvas komunitas yang didasarkan pada kondisi terkini dan sembilan nilai utama Gus Dur.

“Harapannya, GUSDURian Kabupaten Blitar ke depan bisa mengimplementasikan visi dengan baik dan menjadi komunitas yang memberikan pengaruh positif di masyarakat. Output yang diharapkan adalah masyarakat senantiasa sholeh spiritual dan sholeh sosial serta mampu memenuhi tuntutan zaman,” tutur Muwafiq.

Dia juga berharap rekan-rekan yang tergabung dalam penggerak komunitas GUSDURian dapat bekerja sama untuk menjalankan program-program yang telah didiskusikan sebelumnya.

“Gus Dur sudah meneladankan, saatnya kita melanjutkan,” pungkasnya.


___________

Tulisan ini pertama kali dimuat di mediasantrinu.com

Penggerak Komunitas GUSDURian Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *