Social Media

Peringati Haul Gus Dur-13, GUSDURian Adipala Cilacap Lakukan Aksi Penanaman Pohon

Isu ekologi menjadi salah satu isu yang dikelola oleh Komunitas GUSDURian Adipala Cilacap. Di antaranya adalah kasus kerusakan lingkungan, abrasi akibat air laut pasang yang kadang menimbulkan air rob, hingga gersang dan tandusnya lingkungan akibat penambangan pasir di pesisir pantai selatan Cilacap menjadi salah satu perhatian. 

Pada Haul Gus Dur-13 kali ini, Komunitas GUSDURian Adipala Cilacap berkolaborasi dengan Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap dan Karang Taruna Muda Bersatu Desa Adiraja melakukan aksi penghijauan dengan penanaman pohon sebanyak 200 bibit pohon cemara laut, waktu sore pada hari Sabtu 14 Januari 2023, yang berlokasi di daerah pesisir Pantai Sodong Adipala yang juga merupakan salah satu destinasi wisata alam di Kabupaten Cilacap. 

Adalah Konservasi Penyu Nagaraja sebagai lokasi titik kumpul dan briefing sebelum melakukan aksi. Di tempat ini tidak lupa para peserta juga belajar bagaimana proses dari penyu bertelur, penetasan, menjadi tukik penyu, dan kapan tukik penyu dirilis atau dilepas-liarkan ke habitatnya. 

“Pesisir pantai yang rindang dipenuhi pepohonan selain untuk keseimbangan ekosistem juga berperan menjadi rumah bagi penyu untuk bertelur sekaligus menghindari ancaman predator,” ungkap Jumawan, Founder Konservasi Penyu Nagaraja Cilacap. 

Sidiq Pramono selaku Ketua Karang Taruna Muda Bersatu Desa Adiraja mengatakan bahwa peran pemuda-pemudi juga sangat dibutuhkan untuk memantik kepedulian masyarakat dalam hal isu lingkungan.

“Dalam kesempatan ini pemuda-pemudi anggota karang taruna ikut berperan dan berpartisipasi melakukan aksi penanaman pohon sebagai bentuk kepedulian dan kepekaan terhadap alam. Banyak orang menebang pohon tapi lupa untuk menanam kembali,” tutup pria yang akrab disapa Mas Sidiq tersebut dalam briefing-nya. 

Joshua Sudaryo selaku Koordinator Komunitas GUSDURian Adipala Cilacap mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang sudah terlibat dalam kelancaran acara ini, sekaligus mengajak para peserta untuk berdoa menurut agama dan kepercayaan masing-masing sebelum melakukan aksi penanaman pohon. 

Tidak ketinggalan beberapa penggerak komunitas dalam melakukan aksi ini juga membawa serta anak-anak, karena edukasi bagi anak-anak juga sangatlah penting untuk melatih kepekaan terhadap lingkungan. Terbukti anak-anak sangat senang dan bergembira meskipun badan dan pakaian mereka kotor setelah kegiatan selesai.

Penggerak Komunitas GUSDURian Adipala, Cilacap.