Social Media

Pertemuan GUSDURian Gorontalo Dirangkaikan dengan Buka Bersama Ramadan 1444 H

Komunitas GUSDURian Gorontalo menggelar kegiatan buka bersama dibarengi dengan Pertemuan Komunitas (Community Meeting) yang bertempat di Riden Baruadi Gallery, Kamis, 13 April 2023.

Pertemuan tersebut dihadiri oleh Koordinator GUSDURian Gorontalo, Nurhikmah Biga dan para penggerak Komunitas GUSDURian Gorontalo serta para alumni KPG tahun 2023.

Pertemuan Komunitas GUSDURian diawali dengan buka puasa bersama. Suasana kebersamaan nampak dari berbagai unsur yang hadir. Nampak para peserta buka bersama membawa bekal masing-masing di wadah non-plastik seperti tempat makan maupun tumbler.

Nurhikmah mengatakan bahwa Ramadan mengajarkan kita untuk meningkatkan ibadah kita, terutama ibadah sosial, yakni menjalin tali silaturahmi antarsesama umat manusia.

“Alhamdulillah cukup banyak yang hadir pada pertemuan kita ini. Pertemuan ini kita jadikan ajang silaturahmi antarpenggerak Komunitas GUSDURian dan memperkokoh gerakan,” tuturnya.

Setelah buka puasa bersama selesai, Pertemuan Komunitas GUSDURian Gorontalo pun dilaksanakan. Nurhikmah Biga selaku Koordinator GUSDURian memimpin alur diskusi.

“Pertemuan komunitas merupakan agenda setiap bulan penggerak GUSDURian Gorontalo. Bertepatan dengan bulan Ramadan, GUSDURian Gorontalo menyelenggarakan pertemuan komunitas sekaligus buka bersama penggerak komunitas,” terangnya.

Para peserta nampak antusias mendengarkan penjelasan Koordinator GUSDURian Gorontalo itu.

Hikmah (sapaan akrabnya) melanjutkan, pertemuan komunitas pada Ramadhan 1444 H kali ini tidak hanya mendiskusikan atau membahas agenda-agenda GUSDURian ke depannya, tapi juga memperkenalkan road map Komunitas GUSDURian Gorontalo kepada penggerak muda yang baru mengikuti Kelas Pemikiran Gus Dur (KPG) Online tahun 2023.

“Pertemuan komunitas dan buka bersama ini menjadi wadah berkenalan dan silaturahmi penggerak komunitas,” sebut Hikmah.

Selain itu, terang Hikmah lebih lanjut bahwa pada pertemuan komunitas tersebut juga membawa GUSDURian Gorontalo menyepakati untuk fokus pada tiga program inti, yaitu kaderisasi, advokasi, dan  membangun jaringan lintas iman.

Tiga program tersebut kemudian diperkuat dengan rencana mengaktualisasikan agenda-agenda kelas penggerak GUSDURian, FGD (Focus Group Discussion) #IndonesiaRumahBersama dan Pembentukan Lingkar Gus Dur (ligus) di kampus-kampus dan masih banyak lagi.

“Kami akan bertemu lagu di bulan Syawal untuk memantapkan agenda-agenda tersebut. Gus Dur telah meneladankan, saatnya kita melanjutkan,” tandas Hikmah.

Penggerak Komunitas GUSDURian Gorontalo.