Social Media

‘Sinau Bareng GUSDURian’ GUSDURian Pare Gelar Kopdar dan English Therapy di Perpus Asri Madiun

MADIUN – Komunitas GUSDURian Pare dalam kegiatan Sinau Bareng GUSDURian gelar SIBAGUS Journey bersama Perpustakaan Asri, Kebonsari, Kabupaten Madiun. Kegiatan ini dibagi menjadikan dua agenda, yaitu Kopdar Tim Perpus Asri pada pukul 09.00-11.00 WIB dan English Therapy for Kids pada pukul 15.00-17.00 WIB, Sabtu, 18 November 2023.

Agenda pertama adalah Kopdar yang diikuti oleh owner dan seluruh tim Perpustakaan Asri yang dipandu oleh Dian selaku pembawa acara dan moderator. Kopdar tersebut berisi pelatihan leadership & manajemen tim yang disampaikan oleh Arwina sebagai pemantik.

Beberapa pesan pokok yang disampaikan oleh pemantik dalam kopdar ini sebagai berikut:

“Aktivitas yang kita kerjakan hari ini adalah untuk tujuan di masa depan. Ini yang akan menjadi platform keberhasilan kita. Tujuan sekecil atau sebesar apa pun tidak akan terealisasi dengan baik tanpa adanya sebuah perencanaan yang matang. Kalaupun kita berhasil tanpa perencanaan, itu hanya sekedar kebetulan.”

“Sedangkan untuk mewujudkan sebuah tujuan dalam organisasi, diperlukan teamwork di mana setiap individu harus tahu dan sadar tugas, bertanggung jawab dan peran masing-masing. Apabila ditemukan permasalahan maka kita harus melakukan problem solving bersama-sama. Output dari leadership ya problem solving, jika tidak masa maka kita adalah problem itu sendiri.”

Setiap proses berorganisasi dan bekerja sama tim tersebut harus dijalankan dengan komunikasi yang efektif. Setelah semua berjalan, lakukan evaluasi supaya bisa memperbaiki kekurangan dan mempertahankan semua yang sudah berjalan secara signifikan.

Kopdar tersebut dilanjutkan dengan sesi tanya jawab dan beberapa tanggapan dari partisipan.

“Alhamdulillah materi tentang kepemimpinan yang disampaikan sangat masuk sekali. Memang selama ini sering merasa hanya sekedar kelompok. Kadang merasa bingung juga, saya masih sering merasa kok gini, kok gitu, merasa tidak ada yang mengkoordinasi dan menyusun manajemen Perpus Asri. Tapi sekarang saya sudah tahu caranya. Habis belajar materi manajemen tim ini tadi aku akhirnya tau cara menghadapi orang-orang yang sulit ketika berorganisasi, komunikasi yang efektif, mengambil keputusan yang baik. Selanjutnya untuk menerapkannya saya sudah ada rencana dan gambaran. Sebetulnya dari kemarin sudah ada planning tapi belum bisa terealisasi. Alhamdulillah kalau modul belajar sedikit-sedikit setiap bulan sudah ada. Setelah ini rencananya mau memaksimalkan dokumentasi dan personal branding yang ada dan berpotensi,” ungkap Kinan.

“Materi yang disampaikan oleh pemantik sudah sangat cukup untuk meningkatkan kualitas dan kapasitas tim di perpustakaan asri ini. Harapannya, mereka dapat lebih bertanggung jawab atas tugasnya dan lembaga yang sudah dipegang saat ini. Saya menantikan dampak dan perubahan yang dilakukan oleh mereka setelah mendapatkan materi leadership dan manajemen tim ini agar semakin baik ke depannya,” tutup Irwan, owner Perpustakaan Asri Madiun.

Dilanjutkan dengan sesi kedua English Therapy yang digelar secara outdoor dan diikuti hampir 40 anak-anak di Perpustakaan Asri. Dalam sesi kedua tersebut dipandu oleh tiga orang tim Sinau Bareng GUSDURian yang berkolaborasi dengan Tim Perpustakaan Asri.

Dalam English Therapy, anak-anak diajak bermain English Games yang menyenangkan dan memacu kemampuan berbahasa Inggris mereka. Beberapa English Games yang digelar yaitu: connecting words, numbering games, dan whispering games.

Terapi ini bertujuan agar anak-anak mendapatkan keseruan bermain dan belajar yang menumbuhkan kemampuan berbahasa Inggris mereka. Harapan dari GUSDURian Pare dan Perpustakaan Asri dalam menyelenggarakan kegiatan ini, dapat membuka awal sinergi bersama dalam memberikan peningkatan kompetensi dan kemampuan untuk anak-anak Indonesia, khususnya kemampuan berbahasa Inggris.

Relawan Rumah Kemanusiaan GUSDURian. Penggerak Komunitas GUSDURian Mojokuto Pare, Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *