Social Media

GUSDURian Mojokutho Pare Gelar Aksi Lingkungan untuk Sambut Natal dan Tahun Baru

KEDIRI – Komunitas GUSDURian Mojokutho Pare menggelar aksi lingkungan bersama masyarakat Kampung Kongan. Kegiatan bersih-bersih ini dilakukan di Rumah Kemanusiaan GUSDURian, lingkungan sekitar Pasar Loak Pujasera Pare, dan Kampung Kongan pada Minggu, 24 Desember 2023. Kegiatan ini adalah bentuk bukti cinta pada lingkungan sekitar khususnya menjelang Hari Raya Natal dan menyambut tahun baru.

Aksi bersih lingkungan ini dimulai pukul 10.00 sampai pukul 13.00 WIB. Kegiatan ini merangkul berbagai kalangan mulai dari golongan remaja, anak-anak, dan dewasa yang tinggal di Rumah Kemanusiaan GUSDURian dan lingkungan sekitar. Dalam kegiatan ini terlibat juga relawan GUSDURian Peduli Lereng Kelud yang turut hadir membersamai dalam aksi lingkungan.

Kegiatan yang dikoordinir oleh Antok Mbeller selaku Koordinator GUSDURian Pare ini dilakukan untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan bersih pada penghuni rumah kemananusiaan warga sekitar dan sebagai langkah awal menyambut natal dan tahun baru 2024. Dengan adanya kegiatan kerja bakti ini, diharapkan dapat mempererat tali silaturahmi dan kekompakan antarwarga kampung kongan yang kebetulan hidup berdampingan dengan Rumah Kemanusiaan GUSDURian.

“Biasanya kalau menjelang hari raya dan lebaran adatnya kan bersih-bersih rumah untuk menyambut tamu dan keluarga yang berkumpul saat hari raya. Lah untuk mbah-mbah dan anak-anak yang tinggal di Rumah Kemanusiaan ini, sebagian dari mereka kan sudah gak punya keluarga dan gak punya siapa-siapa kecuali keluarga GUSDURian yang di sini. Jadi ya untuk menghibur dan menyambut natalan untuk mereka yang umat kristiani kita adakan bersih-bersih lingkungan ini. Ben podo kroso arep riyoyo kambek tahun baruan (biar mereka ngerasa kalau mau Natal dan tahun baruan). Biar mereka itu kerasa di sini ada keluarga, mau hari raya dan tahun baru kita sambut dengan bersih-bersih,” tutur Antok Mbeller.

Kegiatan kerja bakti ini memanfaatkan alat kebersihan seadanya yang dibawa secara mandiri oleh warga. Tidak lupa juga, di saat sesi istirahat disediakan hidangan sederhana di sela-sela perbincangan. Hidangan ini disiapkan oleh relawan Rumah Kemanusiaan GUSDURian bersama Ibu Nita di dapur basecamp GUSDURian Mojokutho Pare. Hidangan yang disajikan berupa jajanan seperti gorengan, jajanan basah, dan es teh sebagai pelepas dahaga usai melakukan bersih-bersih lingkungan.

“Saya senang bisa berpartisipasi di kegiatan aksi lingkungan ini. Karena selain mencintai alam, menjaga kebersihan lingkungan sekitar itu hobi dan jadi tugas kita bersama. Kalau lingkungannya bersih juga kan beraktivitas jadi semangat dan nyaman untuk ditempati,” ungkap Adeansyah, salah satu relawan Rumah Kemanusiaan GUSDURian.

“Aksi lingkungan menjelang tahun baruan ini banyak banget manfaatnya, kita juga jadi bisa menghibur mbah-mbah dan anak-anak. Seru banget pokoknya melihat mereka semua bahagia menyambut Natal dan tahun baru 2024 ini,” ungkap Asri Wulandari dalam kegiatan aksi lingkungan tersebut.

Kegiatan diakhiri dengan pembuangan sampah ke TPA (Tempat Pembuangan Akhir) yang berlokasi di Sekoto. Karena banyaknya sampah yang dikumpulkan dari lingkungan Kampung Kongan dan limbah sampah dari Rumah Kemanusiaan GUSDURian Pare sendiri maka pengangkutan sampah dibantu dengan mobil pick-up milik salah satu relawan GUSDURian untuk mempermudah prosesnya.

Sampai akhir, kegiatan berjalan dengan lancar tanpa adanya hambatan. Dengan bersihnya Rumah Kemanusiaan GUSDURian Pare dan lingkungan sekitar Kampung Kongan, diharapkan pula mewujudkan lingkungan bersih dan asri, dapat terhindar dari jangkitan penyakit, khususnya penyakit akibat nyamuk DBD yang marak terjadi akibat genangan air pada musim penghujan seperti sekarang ini.

Harapannya aksi lingkungan ini dapat berdampak positif untuk semuanya. Terciptanya lingkungan bersih, sehat, dan nyaman, terlebih tercipta kebahagiaan dari canda tawa dan eratnya persaudaraan saat bersama.

Relawan Rumah Kemanusiaan GUSDURian. Penggerak Komunitas GUSDURian Mojokuto Pare, Kediri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *