Social Media

Demokrasi Seolah-olah: Kumpulan Tulisan Gus Dur tentang Politik dan Demokrasi

Penulis : Abdurrahman Wahid
ISBN : –
Cover : Soft Cover
Halaman : 202 Halaman
Berat : 200 gr
Ukuran : 14 x 20 cm

SINOPSIS

Sulit melepaskan pemikiran demokrasi dari sosok Gus Dur. Kita tahu, sebagai salah satu oposisi paling ngeyel di era Orde Baru. Gus Dur memilih menyalakan lilin dengan membentuk Forum Demokrasi, meletakkan kembali NU sebagai kekuatan masyarakat sipil, membangun jejaring lintas iman untuk konsolidasi rakyat, ketimbang membebek dan mengikuti begitu saja otoritarianisme di bawah pemerintahan Presiden Soeharto.

Buku ini adalah bukti dari dua hal. Pertama, gagasan-gagasan Gus Dur tentang demokrasi ternyata tidak hanya disampaikan dari mimbar ke mimbar, tapi juga dalam bentuk tulisan di berbagai media massa (yang di kemudian hari banyak yang membukukannya). Kedua, gagasan-gagasan Gus Dur tentang demokrasi ternyata tidak turut mati ketika lahirnya Reformasi.

Buku ini adalah kumpulan tulisan Gus Dur perihal demokrasi yang pada masanya pernah dimuat di berbagai media massa dalam tempo sebelum dan sesudah Reformasi. Dalam prosesnya, kami mengambil dan mengkurasi kembali dari berbagai buku, mendigitalisasi, dan merapikannya hingga menjadi sebuah tampilan baru seperti ini.

Selengkapnya tentang buku Demokrasi Seolah-olah: Kumpulan Tulisan Gus Dur tentang Politik dan Demokrasi: Unduh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *