Social Media

Tuhan Akrab dengan Mereka: Kumpulan Tulisan Gus Dur tentang Toleransi & Keberagaman

Penulis : Abdurrahman Wahid
ISBN : –
Cover : Soft Cover
Halaman : 328 Halaman
Berat : 200 gr
Ukuran : 14 x 20 cm



SINOPSIS

Buku ini hadir di saat yang tepat. Apa yang pernah dibahas Gus Dur dalam tulisan-tulisannya masih tetap relevan dengan kondisi Indonesia saat ini yang sedang tidak baik-baik saja. Setidaknya ada empat hal yang mendukung relevansi itu: konflik Timur Tengah, eksklusivisme, kekuasaan, dan problem pendidikan.

Konflik Israel-Hamas di Palestina tak kunjung mereda kendati banyak sekali warga sipil yang menjadi korban dan lingkungan mengalami kerusakan. Telah lama agama dijadikan sudut pandang dalam melihat konflik berkepanjangan di wilayah Timur Tengah itu. Padahal sudut pandang seperti itu justru membuat konflik berlarut karena setiap penganut agama cenderung merasa pihaknya benar dan yang lain salah. Bahkan walaupun seagama, kelompok lain yang berbeda penafsiran agama terkadang tetap dianggap sebagai lawan. Dalam pandangan Gus Dur, konflik Timur Tengah tidak bisa lepas dari politik global, sehingga perdamaian abadi hanya dapat tercapai jika negara-negara adidaya tidak memaksakan kepentingannya di wilayah itu. Namun nyatanya sentimen agama masih mendominasi sikap warga Indonesia dan warga dunia terhadap konflik Palestina, sehingga narasi yang beredar di publik cenderung mempertajam permusuhan ketimbang menawarkan solusi.

Buku ini memberikan banyak perspektif dalam menyikapi berbagai problem kontemporer. Ada 4 bab yang memuat 68 tulisan Gus Dur yang tersebar di berbagai media. Meski sebagian tulisan sudah berusia lebih dari 40 tahun, nyatanya pandangan yang ditulis oleh Gus Dur masih sangat relevan hingga hari ini.

Selengkapnya tentang buku Tuhan Akrab dengan Mereka: Kumpulan Tulisan Gus Dur tentang Toleransi & Keberagaman: Unduh

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *