GUSDURian Peduli akan Adakan Konser Amal dan Peluncuran Platform “Peduli Anak Yatim”

GUSDURian Peduli akan mengadakan konser amal bertajuk “Indonesia Pulih” pada hari Selasa, 7 September 2021. Acara ini akan ditayangkan secara serentak di TV9 Nusantara, Kompas TV, akun Youtube GUSDURian Peduli TV, dan fanpage Facebook KH Abdurrahman Wahid, pada pukul 19.30 - 21.30 WIB.

Sayap kemanusiaan Jaringan GUSDURian tersebut turut mengundang berbagai elemen untuk memeriahkan acara. Di antaranya adalah para musisi seperti Armand Maulana, Dewa Budjana, Once Mekel, Iksan Skuter, Trie Utami, Iwenk Fals (Musik Jalanan Center), dan band Splendid Dialog. Selain itu hadir pula sahabat Gus Dur, KH. Mustofa Bisri yang akan membaca puisi dan doa serta Prof. Dr. Quraish Shihab yang akan mengisi tausyiah.

Di samping itu ada dr. Reisa Broto Asmoro yang akan berbagi pengetahuan seputar kesehatan, terutama di masa pandemi seperti ini. Sakdiyah Ma’ruf dan Mamat Al-Katiri akan mengisi pertunjukan stand up comedy. Ada pula Nia Sjarifudin yang akan membagikan kisah keluarganya saat berjuang melawan Covid-19. Konser amal ini akan dibuka oleh Alissa Wahid, Koordinator Nasional Jaringan GUSDURian dan dipandu oleh Insan Nur Akbar dan Inaya Wahid sebagai host.

“Penyelenggaraan konser amal ini mempunyai dua tujuan,” kata A’ak Abdullah Kudus, Ketua Umum GUSDURian Peduli. “Pertama adalah menggalang donasi kemanusiaan. Kedua untuk menghibur masyarakat yang mungkin sudah jenuh dengan PPKM.”

Terkait penggalangan donasi, hasil konser amal ini akan disalurkan kepada masyarakat yang terdampak pandemi. Dana yang terkumpul nantinya bisa dibelikan obat-obatan, sembako, peti mati, hingga ambulan laut untuk membantu masyarakat yang membutuhkan.

“Bagi para donatur yang ingin berdonasi dalam konser amal ini bisa melalui dua cara. Pertama, bisa langsung lewat rekening GUSDURian Peduli. Atau kedua, bisa dengan membeli lukisan kayu karya Agustinus Eko yang akan dilelang selama acara berlangsung,” tutur pria yang biasa disapa Gus A’ak kepada Gusdurian.net melalui sambungan telepon, pada Sabtu (4/9/2021).

Agustinus Eko merupakan satu-satunya pelukis kayu di Indonesia yang menggunakan teknik bakar pada karya tiga dimensinya secara manual. Terdapat 5 model lukisan bergambar Gus Dur, dengan total 30 lukisan yang hendak dilelang. Salah satu yang membuat lukisan ini istimewa adalah sertifikat lukisan akan ditandatangani langsung oleh istri almarhum Gus Dur, yakni Ibu Shinta Nuriyah Abdurrahman Wahid. Lelang lukisan ini dibuka di harga Rp. 5.000.000,-. Bagi yang berminat untuk mengikuti lelang ini bisa menghubungi Yuska Harimurti di nomor 0813-3178-9006.

Sedangkan terkait donasi lewat rekening, para donatur bisa menyalurkannya melalui Rekening BCA Cabang Kaliurang, 8610603999, A.N Yayasan Jaringan Gusdurian Peduli.

Selain itu, dalam acara konser amal ini juga akan diadakan peluncuran platform pedulianakyatim.id. Sebuah program yang diinisiasi dan dijalankan oleh GUSDURian Peduli untuk membantu anak-anak yatim akibat Covid-19.

“Latar belakangnya adalah jumlah anak yatim yang terus meningkat selama pandemi hingga mencapai angka 50.000 orang. Sementara belum ada program pemerintah yang secara khusus mengurusi anak yatim terdampak Covid-19. Sejauh ini, kerja-kerja GUSDURian Peduli juga masih sebatas menyalurkan santunan hasil galang dana untuk anak-anak yatim. Dari situ kami merasa bahwa bantuan jangka panjang untuk mereka merupakan hal yang penting,” ungkap Gus A’ak.

Melalui website pedulianakyatim.id, nantinya para donatur bisa menyalurkan bantuan langsung melalui rekening yang tersedia di sana. Peluncuran platform “Peduli Anak Yatim” ini akan dibuka langsung oleh Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa.

Author

Bagikan tulisan ini: