Social Media

Vesak Festival 2023 Sebarkan Nilai Toleransi Beragama

Bertepatan dengan hari ulang tahun Kota Pahlawan, Rabu 31 Mei 2023 rangkaian Vesak Festival 2023 yang diselenggarakan oleh Young Buddhist Association resmi dibuka.

Acara yang digelar dari 31 Mei hingga 4 Juni di Atrium Tunjungan Plaza 3 Surabaya tersebut dihadiri dan dibuka oleh Menteri Agama Republik Indonesia ke-22, Dr. (H.C) KH. Lukman Hakim Saifuddin dan Walikota Surabaya Eri Cahyadi S.T., M.T.

Mengusung tema “Harmony in the Middle Way”, acara tahunan Vesak Festival diharapkan memberikan manfaat bagi masyarakat agar dapat menghargai indahnya hidup bersama dalam perbedaan dengan menyajikan semangat harmoni melalui pertunjukan seni kreatif.

William Vijadhammo Lumintan selaku ketua panitia dalam sambutannya memaparkan, acara Vesak Festival menjadi momentum untuk memperkenalkan agama Buddha kepada masyarakat umum. Tema Harmony in the Middle Way yang diangkat merupakan core value konsep moderasi beragama di Indonesia.

“Kami mengajak pengunjung merasakan indahnya keberagaman melalui budaya-budaya yang ditampilkan seperti tarian dari Jawa Timur, angklung, tarian sufi, dan lain-lain,” ucap Ketua Panitia Vesak Festival yang akrab disapa Ko William tersebut.


Venue Vesak Festival sendiri dipenuhi dengan atribut-atribut Buddha seperti patung Buddha Parinibbana atau patung Buddha tidur, Rupang Buddha Kecil yang dapat disiram oleh semua pengunjung, dan pameran sejarah kebudayaan yang menampilkan nilai-nilai ajaran Buddha.

Tidak hanya itu, Patung Rupang setinggi 12,3 Meter yang juga berdiri di samping venue mendapatkan penghargaan Rekor MURI sebagai patung Buddha tertinggi dalam gedung. Patung itu menjadi daya tarik tersendiri bagi seluruh pengunjung karena terlihat dari semua penjuru.

Komunitas GUSDURian Surabaya atau Gerdu Suroboyo juga turut terlibat dalam rangkaian Vesak Festival 2023, yakni dengan menggelar kegiatan Social Responsibility bersama Young Buddhist Association.

Penggerak Gerdu Suroboyo/Komunitas GUSDURian Surabaya, Jawa Timur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *