Social Media

Peduli Kemanusiaan: GUSDURian Serang, Jemaat Ahmadiyah, dan PMI Selenggarakan Donor Darah di Alun-alun

SERANG -Teriknya matahari dan jalanan yang macet tidak mengurungkan niat para jemaat Ahmadiyah dan GUSDURian Serang untuk melakukan kegiatan donor darah yang bertempat di Alun-alun Barat Kota Serang, Sabtu (22/07/23).

Jauh-jauh hari Jemaat Ahmadiyah dan GUSDURian Serang bersepakat untuk berkolaborasi mengadakan kegiatan donor darah yang bekerja sama dengan PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Serang, Banten.

Semula donor darah akan dilakukan di kantor PMI (Palang Merah Indonesia) Kabupaten Serang, tapi begitu tahu bahwa di Alun-alun Barat Kota Serang sedang diselenggarakan acara Deklarasi Debus Banten, maka kegiatan donor dialihkan ke alun-alun. Dengan harapan akan banyak orang yang bersedia mendonorkan darahnya.

Donor darah ini merupakan kegiatan kemanusiaan yang rutin dilakukan oleh para jemaat Ahmadiyah khususnya, setiap tiga bulan sekali dan di momen-momen tertentu.

“Kegiatan donor darah seperti ini sebetulnya sudah menjadi kegiatan rutinan di Ahmadiyah, yang dilakukan setiap tiga bulan sekali dan momen-momen tertentu,” ungkap Salman, salah satu pemuda jemaat Ahmadiyah.

Bukan hanya donor darah, ternyata ada fakta menarik lainnya yang sering dilakukan oleh jemaat Ahmadiyah, yaitu mendonorkan mata ketika mereka tutup usia.

“Sebetulnya bukan hanya donor darah yang sering kita lakukan, jemaat Ahmadiyah juga memutuskan untuk mendonorkan mata jika meninggal kelak. Tentunya ada kesepakatan dengan penerima donor yang dilegalkan di atas kertas putih,” tambah pemuda yang biasa disapa Salman itu.

Dari sekian banyak orang yang datang, hanya ada 11 orang yang bisa melakukan donor. Karena sebelum donor ada pengecekan tensi darah dan HB (Hemoglobin) terlebih dahulu, jika salah satunya rendah, maka donor darah tidak bisa dilakukan. Begitupun dengan seseorang yang rutin mengkonsumsi obat dan juga sedang menstruasi, sangat dipertimbangkan ketika akan mendonor, karena khawatir membahayakan pendonor.

Walaupun demikian, kegiatan donor darah tetap berjalan lancar. Para pendonor dalam keadaan sehat dan baik-baik saja. Harapannya, darah yang mereka berikan bisa bermanfaat dan membantu banyak orang yang membutuhkan.

Adam Dani Fauzan selaku Koordinator GUSDURian Serang mengungkapkan, “Kami berharap kegiatan donor darah yang berkolaborasi dengan jemaat Ahmadiyah dan PMI Kabupaten Serang bisa terus berlanjut, mengingat kegiatan ini banyak memberikan manfaat bagi banyak orang.”

Penggerak Komunitas GUSDURian Banten.