Social Media

Hijaukan Bolsel di Hari Lahir Gus Dur, 100 Pohon Ditanam di Area Kantor Bupati

BOLSEL – Dalam rangka memperingati hari lahir (Harlah) Gus Dur, Komunitas GUSDURian Bolaang Mongondow Selatan (GUSDURian Bolsel) berkolaborasi bersama Dinas Lingkungan Hidup (DLH) dan Gerakan Pemuda Ansor (GP Ansor) berkumpul untuk melakukan aksi nyata: menanam 100 pohon di sekitar Kantor Bupati Bolsel di Ds. Tabilaa, Kec. Bolaang Uki, Kab. Bolaang Mongondow Selatan, Sulawesi Utara pada Jumat, 1 September 2023.

Kegiatan yang dimulai sejak pukul 08.00 WITA ini menjadi perhatian banyak orang karena diikuti oleh sekitar 50 peserta yang begitu bersemangat menyumbangkan waktu dan usaha mereka. Kehadiran Muhammad Suja Alamri (Asisten II Setda Bolsel), Fadli Tuliabu (Ketua GP Ansor Bolsel), serta Kadis DLH Bolsel memberikan sentuhan khusus pada acara tersebut.

Muhammad Suja Alamri berharap bahwa upaya ini akan mengubah area yang awalnya terlihat gersang menjadi taman yang indah. Dia juga mengingatkan masyarakat setempat untuk tidak membiarkan hewan berkeliaran di area tersebut agar tanaman baru tersebut bisa tumbuh dengan baik.

“Area ini tadinya kelihatan tandus. Dengan adanya penanaman ini, kami berharap ini akan menjadi suatu taman yang indah. Sekedar imbauan, kepada masyarakat yang ada di sekitar untuk tidak melepas hewan di sini supaya tidak merusak tanaman,” ujar Muhammad Suja.

Di sisi lain, Moh. Yakob Botutihe mengungkapkan tantangan yang pernah dihadapi terkait penanaman pohon. Menurutnya, pemasangan pagar di area sekitar pohon yang baru ditanam sangat perlu untuk menghindari kerusakan yang tidak diinginkan.

“Penanaman pohon di lokasi ini pernah dilakukan sebelumnya, tetapi pohon-pohon tersebut selalu jadi santapan sapi ternak masyarakat sekitar. Kali ini, kami telah memutuskan untuk mengamankan pohon-pohon tersebut dengan pagar agar pertumbuhannya terjamin,” ujar pria yang akrab disapa Yakob tersebut.

GUSDURian Bolsel berkomitmen untuk merawat pohon-pohon ini dengan seksama, dengan penyiraman harian untuk memastikan pertumbuhan yang baik. Kegiatan ini bukan hanya sekadar peringatan, tetapi juga pesan penting bahwa menjaga lingkungan adalah tanggung jawab semua orang.

Dengan semangat positif dan aksi nyata ini, area yang dulunya gersang diharapkan bertransformasi menjadi lebih hijau dan indah.

Pemuda Kristen dan Penggerak Komunitas GUSDURian Bolsel, Sulawesi Utara.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *