Social Media

GUSDURian Banjarnegara Perkenalkan Gus Dur pada Anak-Anak lewat Permainan dan Pembelajaran

Pada Sabtu, 26 Agustus 2023 Komunitas GUSDURian Banjarnegara mengadakan berbagai acara untuk memeringati hari lahir (harlah) Gus Dur. Acara ini atas kolaborasi dengan MI Ma’arif NU 01 Rakit dan bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Rakit, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah.

Adapun acara yang dilaksanakan yaitu panggung budaya, outbound kebangsaan, lomba mewarnai, dan dialog lintas iman. Semua agenda ini diikuti oleh siswa kelas satu sampai kelas tiga MI Ma’arif NU 01 Rakit. Selain ada komunitas GUSDURian dan para guru MI Ma’arif NU 01 Rakit, acara ini juga dihadiri oleh para wali murid. Selain mendampingi anaknya, mereka juga ingin mengetahui bagaimana berlangsungnya acara.

Tujuan acara ini adalah upaya untuk memperkenalkan dan menanamkan nilai-nilai Gus Dur sejak dini. Karena sasaran acara ini untuk anak-anak, jadi acara dikemas dalam bentuk permainan dan pembelajaran. Alhasil, dalam berjalannya acara tersebut, anak-anak sangat bersemangat dan antusias untuk mengikuti acara demi acara yang diselenggarakan sampai akhir.

“Acara ini sebagai upaya untuk menanamkan nilai-nilai kebangsaan, pemikiran, dan keteladanan Gus Dur sejak dini pada generasi muda melalui kegiatan dalam balutan belajar dan bermain,” kata Hanafi Slamet, Koordinator Komunitas GUSDURian Banjarnegara.

Menurutnya, nilai-nilai Gus Dur memang pantas untuk digaungkan. Karena nilainya sangat relevan dari masa ke masa. Pada penghujung acara, Hanafi juga menyampaikan bahwa acara seperti ini akan diadakan lagi sebagai upaya untuk memperkenalkan dan meneruskan nilai-nilai yang Gus Dur ajarkan.

“Gus Dur sudah meneladani, saatnya kita melanjutkan,” tambah Hanafi

Penggerak Komunitas GUSDURian Banjarnegara, Jawa Tengah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *