Social Media

Sambut Lebaran, GUSDURian Jember Membagikan Ketupat pada Masyarakat Jember

JEMBER – Lebaran identik dengan tradisi makan ketupat. Tak hanya pada hari kelima Idul Fitri, sebagian masyarakat juga melaksanakan tradisi ini sebelum Idul Fitri. Meski demikian, belum semua keluarga Muslim dapat merasakan makanan yang menjadi tradisi banyak komunitas Muslim di Indonesia ini.

Dalam rangka merawat tradisi dan menebar kebaikan, GUSDURian Jember berpartisipasi dalam penyaluran ketupat sayur pada masyarakat Lingkungan Karang Waru, Kecamatan Sukorambi, Jember, Jawa Timur, Senin (08/04).

Kegiatan berbagi ketupat ini merupakan kerja sama antara GUSDURian Peduli, Hypermart Jember, dan FoodCycle yang bertajuk “Sejuta Bahagia Berbagi Ketupat”.

Setiap penerima, menerima paket makanan yang berisi ketupat atau lontong, sayur, telur, dan es teh.

Kiptiyah, salah seorang masyarakat penerima ketupat merasa senang dan bersyukur telah. Ia juga merasa secara tak langsung diajak berbuka bersama.

“Bermanfaat bagi rakyat sini, bisa berbuka bersama. Senang, alhamdulillah. Terima kasih Hypermart, semoga berjaya dan sukses,” tuturnya.

Maryali, masyarakat lain, juga mengungkapkan bahwa ia dan tetangganya merasa bersyukur atas kegiatan berbagi ketupat yang menyasar masyarakat kampungnya.

“Ya alhamdulillah, masyarakat sini senang semua. Bisa berkumpul, bisa nambah saudara dengan masyarakat Karang Waru,” tandasnya.

Ia juga berterima kasih pada Hypermart dan GUSDURian peduli yang telah menyelenggarakan kegiatan ini.

“Kepada Hypermart, sukses selalu, berkah selalu. Juga GUSDURian Peduli, terima kasih banyak,” ungkapnya.

Albadi, penggerak GUSDURian yang terlibat dalam penyaluran ketupat, menyatakan bahwa pembagian ketupat pada masyarakat merupakan bentuk penerapan 9 nilai utama Gus Dur.

“Kegiatan berbagi ketupat sayur yang dilakukan GUSDURian Jember ini menjadikan penggerak belajar melaksanakan 9 nilai yang diajarkan Gus Dur karena kegiatan ini mementingkan solidaritas dan kemanusiaan,” tuturnya.

Muhammad Alfian Khaironi, penggerak GUSDURian lain juga mengungkapkan bahwa dirinya terkesan dengan kegiatan ini.

“Kegiatan hari ini adalah kegiatan yang sangat berkesan, karena kami dari GUSDURian Jember atau GUSDURian Peduli dapat berbagi kebaikan dan kebahagiaan bagi masyarakat Sukorambi dengan berbagi ketupat, sehingga masyarakat dapat merasakan makanan bergizi,” tambahnya.

Nur Cholis, mewakili GUSDURian Peduli, berharap kegiatan filantropis yang didukung oleh penggerak GUSDURian Jember dapat mendorong dan meningkatkan kohesi sosial masyarakat Jember.

“Harapan kami dengan diadakannya acara ini dapat merekatkan hubungan persaudaraan antarwarga, serta sekaligus sebagai refleksi kita terhadap nilai-nilai kemanusiaan yang selalu diajarkan oleh Gus Dur,” tuturnya.

Bayu Wicaksono, Koordinator Penggerak GUSDURian Jember, juga berterima kasih pada semua pihak yang terlibat dalam kegiatan berbagi kebaikan ini.

“Kami juga mengucapkan terima kasih kepada Hypermart dan FoodCycle yang telah men-support penuh kegiatan ini. Semoga menjadi amal baik yang dilipatgandakan di bulan mulia ini,” pungkasnya.

Penggerak Komunitas GUSDURian Jember, Jawa Timur.

1 Comment

    Leave a Reply

    Your email address will not be published. Required fields are marked *