Social Media

Kartini

Hari ini adalah Hari Kartini, satu-satunya hari besar Indonesia yang dinisbatkan kepada sosok individu. Tetapi, tampaknya bagi anak-anak muda Indonesia, inspirasi sosok Kartini semakin pudar karena dianggap tidak lagi relevan.

Oleh Bung Karno, Kartini diangkat menjadi pahlawan karena kesadaran dan semangat revolusioner yang langka dimiliki perempuan di masanya. Kartini bukan satu-satunya perempuan penggerak perubahan dalam sejarah Indonesia, tetapi catatan pergumulan batin dan nalar kritisnya yang kuat membuat gagasan Kartini lebih mudah ditelusuri.

Di zaman Presiden Soeharto, sosoknya kemudian diperhalus dengan gambaran konde dan kebaya, selaras dengan ideologi ibuisme Orde Baru. Padahal, Kartini adalah sosok pendekar yang melawan konsep wanita, yang bagi sementara masyarakat dimaknai sebagai wani ditata (berani/mau diatur). Sebaliknya, ia justru menghidupi konsep awal perempuan sebelum mengalami degradasi makna, yang menurut filsuf Damardjati Supadjar bersumber dari kata empu (sang bijak, pakar, cendekia).

Kartini menjadi sosok pejuang yang nalar kritisnya berpijak pada keadilan hakiki dan pembebasan sehingga ia melawan sistem patriarki yang hanya memberi satu jalan kehidupan bagi perempuan: menikah dengan praktik poligami. Ia terus menelaah dan membuat catatan tentang sistem sosial yang dikecamnya.

Ia akhirnya harus menyerah kepada realitas sistem sosial yang dilawannya ketika kondisi kesehatan sang ayah membuatnya memutuskan menerima lamaran Adipati Rembang untuk dijadikan istri keempat, dengan negosiasi untuk dapat mengembangkan sekolah perempuan yang telah dirintisnya. Sayang, Kartini tidak berumur panjang, ia meninggal dunia pada usia 25 tahun.

Sejak Orde Baru, Kartini dikenang dengan parade penampilan keibuan dan festival domestik. Sosoknya yang progresif dan kritis baru muncul kembali semenjak masa reformasi ketika sejarah alternatif mulai mewarnai diskursus sejarah Indonesia.

Walaupun memiliki ikon seperti Kartini dan juga banyak pahlawan perempuan lainnya, pada kenyataannya kita masih jauh dari kondisi harapan tentang kemaslahatan perempuan. Bahkan, beberapa problem masih belum dapat kita selesaikan meskipun sudah banyak mengalami kemajuan.

Seratus dua puluh tahun lalu, Kartini meninggal dunia empat hari setelah melahirkan. Dan sampai saat ini, Angka Kematian Ibu (AKI) selama dan setelah persalinan masih menjadi persoalan besar. Dalam laporan kependudukan Indonesia 2023, AKI masih sebesar 189 kematian per 100.000 kelahiran. Indonesia berada di posisi kedua tertinggi di ASEAN, dan sangat jauh dari target SDGs, yaitu 70 per 100.000.

Praktik berbahaya (harmful practices) bagi perempuan juga masih sulit untuk kita atasi, di antaranya kekerasan berbasis jender, terutama KBGO (kekerasan berbasis gender secara online), perkawinan anak, poligami dan perkawinan tidak tercatat.

Penurunan angka perkawinan anak berlangsung sangat lambat. Angka kekerasan berbasis jender juga meningkat, dengan modus yang semakin keji, sebagaimana kita baca dalam liputan kasus-kasus di media massa. Ini menyebabkan perempuan menjadi rentan terhadap kemiskinan, problem kesehatan, kualitas mental, dan berbagai persoalan sistemik lainnya.

Dalam ruang pengambilan keputusan kebijakan publik, mulai dari level nasional sampai level desa, kehadiran perempuan pun masih rendah. Akibatnya, suara dan perspektif perempuan kurang mewarnai kebijakan publik yang dihasilkan.

Faktor utamanya pun tetap sama: tradisi patriarkal yang belum sepenuhnya dapat kita transformasikan. Pandangan tentang posisi laki-laki dan perempuan, relasi kuasa yang terus dilestarikan, serta hilangnya nalar kritis menyebabkan tradisi patriarkal masih bertahan, bahkan cenderung menguat. Tradisi ini terekam dalam candaan seksis dan misoginis yang masih terus membanjiri ruang kehidupan kita. Para lelaki direndahkan dengan guyonan tentang ISTI (Ikatan Suami Takut Istri), seakan-akan ini adalah hal yang nista karena perempuan derajatnya di bawah lelaki sehingga tidak selayaknya para lelaki ini takut kepada istrinya.

Di saat yang sama, setiap istri diidealkan taat dan takut kepada suami. Kita tidak pernah menemukan guyonan merendahkan para istri dengan terma ikatan istri takut suami (IITS). Bahkan, sebaliknya, perempuan menjadi salah ketika ia memiliki posisi lebih tinggi atau mendominasi suaminya.

Seorang calon pengantin yang sedang mengurus pendaftaran di KUA bersama calon istrinya curhat di media sosial. Tulisnya, petugas pencatatan mengomentari si calon istri yang berpendidikan lebih tinggi dari calon suami, dengan kalimat ”ini pasti mbak enggak nurut ya dengan mas calon suaminya.”

Demikian juga pandangan-pandangan yang merendahkan perempuan atau yang menempatkan perempuan sebagai warga kelas dua. Walaupun disembunyikan dalam bingkai demi kebaikan perempuan atau memuliakan perempuan, di ujungnya perempuan kehilangan hak hakikinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan yang berbeda, tetapi setara dengan para lelaki.

Banyak kaum lelaki dan perempuan yang berpikir bahwa perjuangan Kartini sudah selesai karena saat ini perempuan tampak sudah mendapatkan segalanya. Tetapi, data dan fakta yang ada tidak mendukung pandangan ini.

Remaja masa kini barangkali menganggap Kartini sudah tidak relevan bagi kehidupan mereka. Tetapi, sesungguhnya isu yang diperjuangkannya masih subur di tengah masyarakat, dan kita masih perlu berjuang untuk mewujudkannya demi masa depan kaum muda Indonesia.

Dan yang terpenting, sosok dan perjuangannya adalah sumber inspirasi bagi kaum muda. Indonesia membutuhkan kaum muda yang memiliki nalar kritis yang kuat, progresif, dan revolusioner. Apalagi saat ini kita tengah mengalami kemunduran peradaban demokratis Indonesia yang egaliter. Kartini adalah salah satu sumber belajar yang baik tentang perjuangan dan perlawanan kritis.

Hari ini, Hari Kartini menjadi relevan, tidak hanya untuk perempuan, tetapi untuk peradaban bangsa. Selamat hari perlawanan.


_______________

Artikel ini dimuat pertama kali di rubrik “Udar Rasa” Kompas, 21 April 2024

Koordinator Jaringan GUSDURian Nasional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *