Social Media

GUSDURian Peduli dan NU Peduli Dampingi Pj Gubernur Gorontalo Tinjau Lokasi Banjir

GORONTALO – Relawan Respon Bencana Gorontalo yang terdiri dari Nahdlatul Ulama Peduli dan GUSDURian Peduli mendampingi Pj Gubernur Gorontalo Mohammad Rudy Salahudin meninjau lokasi terdampak parah akibat banjir di Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo, Sabtu (13/7/2024).

Kepada redaksi, Relawan GUSDURian Peduli Djemi Radji mengatakan, kunjungan Pj Gubernur di empat desa (Dulomo, Ilotidea, Bumela, dan Tilote) di Kecamatan Tilango, Kabupaten Gorontalo berdasarkan data yang dihimpun Posko Relawan Bencana Gorontalo.

“Selain Kota dan Bone Bolango, banjir sangat parah ada di Kabupaten Gorontalo tepatnya di Desa Dulomo, Ilotidea, dan Bumela di Kecamatan Tilango. Bantuan dari pemerintah sangat dibutuhkan warga di tiga desa ini,” kata Djemi.

Menurut Djemi, bantuan yang sangat dibutuhkan warga di tiga desa ini sebagaimana data yang kami himpun di antaranya: makanan siap saji, air minum, pakaian layak, dan lilin untuk penerangan rumah.

“Sebab di tiga desa ini, listrik padam karena air setinggi 1,5 meter. Sementara sebagian warga tetap bertahan di rumah. Selain itu, dapur umum yang disediakan pemerintah kabupaten tidak cukup memenuhi kebutuhan makan warga di tiga desa ini,” tutur Djemi. 

Olehnya, lanjut Djemi, dibutuhkan kolaborasi pemda dan pemprov untuk menangani bencana yang dihadapi warga, tidak hanya di Kabupaten Gorontalo, tapi juga di Kota dan Bone Bolango.

“Pj Gubernur tadi ini selain meninjau lokasi ia juga membagikan bantuan dan juga mencatat apa saja yang menjadi kebutuhan warga setempat sebagai dasar pemprov untuk menggelar rapat gabungan relawan dan Forkopimpda,” tutup Djemi.

Dilansir dari antaranewsgorontalo, Pemerintah setempat mendata ada 9.370 warga di delapan desa di Kecamatan Tilango terdampak. Sementara warga yang mengungsi sebanyak 1.668 jiwa.

Penggerak Komunitas GUSDURian Gorontalo.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *