Selenggarakan Jurnalisme Berkebangsaan, Kompas Gandeng Jaringan GUSDURian

Sebanyak 15 kontributor gusdurian.net dari Jaringan GUSDURian tengah mengikuti pelatihan Jurnalisme Berkebangsaan. Kegiatan yang diselenggarakan oleh Kompas ini menggandeng beberapa pihak seperti Jaringan GUSDURian, serta dua perwakilan kampus yaitu beberapa mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Malang dan Unika Soegijapranata Semarang.

Kegiatan ini dilaksanakan secara online melalui platform kognisi.id. Di antara para pemateri kegiatan ini adalah adalah Heru Margianto (Manager Editor Kompas) yang mengisi tentang prinsip-prinsip dalam jurnalisme, Frisca Clarissa (News Anchor dan Produser Kompas TV), serta Nurulloh (Chief Operating Officer/COO Kompasiana).

“Pembelajaran dilakukan secara mandiri serta menggunakan platform daring selama kurang lebih 2 minggu dan diakhiri dengan sesi tanya jawab oleh pemateri secara singkat,” terang Dean saat menjelaskan kepada seluruh peserta melalui Zoom Meeting.

Para peserta kegiatan ini diberikan akses gratis kursus selama dua bulan. Kemudian dari kursus yang dilaksanakan secara mandiri para peserta bisa mengajukan pertanyaan kepada narasumber melalui Google Form, barulah kemudian beberapa pertanyaan peserta dikonfirmasi melalui Zoom Meeting melalui video yang dibuat oleh narasumber.

Di akhir kegiatan ini, peserta diberikan hak untuk memilih mengembangkan skill-nya dalam bidang news anchor atau menjadi konten kreator yang dilakukan secara mendiri melalui platform kongnisi.id. Lebih lanjut, Dean mengatakan bahwa para peserta nanti akan dipertemukan dengan ketiga narasumber di puncak acara melalui Zoom Meeting pada tanggal 27 Juli 2022, sehingga bisa berinteraksi secara langsung, sharing, serta berdiskusi dan klarifikasi.

Author

Bagikan tulisan ini: