Seknas Jaringan GUSDURian akan Selenggarakan Kursus Intensif bagi Content Creator, Yuk Simak Ketentuannya!

Sekretariat Nasional Jaringan Gusdurian membuka peluang bagi content creator di bidang penulisan esai, video, dan ilustrasi untuk mengikuti kursus intensif selama tiga hari. Kegiatan ini merupakan bagian dari ‘Creator Academy’ yang digagas Gusdurian sejak 2021. Kursus intensif diperuntukkan untuk para content creator yang ingin meningkatkan skill dan jejaring di bidangnya.

Kapan diadakan dan siapa yang mengampu?

Kursus ilustrasi dimulai pada 15-17 Juli 2022 bersama Alwi @Artsagav, seorang ilustrator yang kini berkiprah di Akal Buku dan Islamidotco.

Kelas editing video pada 22-24 Juli 2022 bersama Tim DOT Studio, tim yang berpengalaman dalam memproduksi konten-konten video.

Kelas menulis esai pada 29-31 Juli 2022 bersama Kalis Mardiasih, seorang penulis yang sudah membuat banyak tulisan esai dan buku.

Di mana kegiatan ini diadakan?

Griya Gusdurian, Jl. Sorowajan RT08/10 Jaranan Banguntapan, Bantul, Yogyakarta. Cari di Google Maps pasti ketemu.

Gimana konsep kelasnya?

Sebagaimana Gusmin sebut di atas, tahun 2022 ada tiga jenis kursus, yaitu penulisan esai, ilustrasi, dan editing video. Peserta akan bertemu para expert di bidangnya untuk sharing dan belajar bersama dalam tiga pertemuan, masing-masing selama empat jam, mulai dari jam 10 pagi sampai jam 2 siang (atau di waktu yang disepakati).

Hari pertama, peserta akan diajak berkenalan dan membedah konten yang dibuat sebagai prasyarat mengikuti kursus ini. Setelah itu, pendamping akan membagikan berbagai tips dan memberi masukan. Bahan masukan itu digunakan untuk merevisi konten yang sudah dibuat agar lebih oke.

Di hari kedua, peserta diajak untuk membedah lagi karya masing-masing dan memberikan masukan satu sama lain. Setelah itu fasilitator akan berbagi tips lanjutan yang bisa menambah wawasan dan skill peserta. Di hari terakhir, peserta akan membedah karya yang sudah diperbaiki, lalu mendapat masukan pamungkas dari pendamping.

Karya terpilih akan dimuat di kanal media Jaringan Gusdurian.

Kalau kursus penulisan kan spesifik esai. Nah, ilustrasi dan video itu bagaimana?

Kelas ilustrasi spesifik ke dua hal, yaitu poster dan comic strips. Nah, di kelas video kita akan belajar animasi menggunakan After Effect.

Wah, menarik nih, Gus. Btw siapa yang boleh ikut kegiatan ini?

Semua content creator yang memenuhi prasyarat, boleh ikut.

Jika diterima, apa yang perlu disiapkan?

Setiap peserta membawa alat sendiri sebagai berikut:

Pertama, kursus ilustrasi membutuhkan beberapa hal berikut: tablet yang sudah di-instal aplikasi menggambar (diutamakan iPad yang sudah diinstal aplikasi ProCreate, atau Andorid aplikasi AutoDesk).

Kedua, kursus video membutuhkan: laptop yang memiliki RAM minimal 8 GB, terinstal aplikasi Adobe After Effect.

Ketiga, kursus menulis esai, setiap peserta diharuskan membawa laptop yang terinstal aplikasi Microsoft Word dan sejenisnya.

Calon peserta juga diminta mengirimkan contoh karya yang pernah dibuat dan konsep karya yang akan dijadikan bahan sharing.

Apakah ada seleksi?

Karena ini merupakan kursus intensif, peserta kami batasi 5-9 orang di setiap kelas. Nah, prasyaratnya daftar di link yang disiapkan, pernah membuat konten, dan merancang konten bertema keberagaman.

Bagaimana cara daftarnya?

Pendaftaran melalui link s.id/daftarkelasintensif, mulai 28 Juni hingga 10 Juli 2022. Peserta terpilih akan diumumkan pada 13 Juli pukul 17.00 WIB melalui Instagram dan Twitter Jaringan Gusdurian.

Kalau sudah ikut salah satu, apakah boleh mengikuti lainnya?

Jika memenuhi prasyarat, why not?

Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk mengikutinya?

Peserta akan mendapatkan beasiswa penuh alias tidak perlu mengeluarkan biaya selama pelatihan.

Disediain makan dan minum gak nih, Gus?

Tentu. Gusmin menyediakan makan dan snack selama kursus. Untuk minuman, Gusmin hanya menyediakan air di dalam galon. Setiap peserta diharuskan membawa tempat minuman sendiri yak.

Saya berasal dari luar Yogyakarta, apakah boleh ikut?

Sangat boleh. Namun Gusmin tidak menyediakan biaya transportasi dan penginapannya.

Apakah peserta bisa mendapatkan sertifikat?

Gusmin akan menyediakan sertifikat dalam bentuk digital.

Oke, Gus. Sepertinya cukup. Kalau misal ada pertanyaan lagi, saya bisa kontak ke mana ya?

Silakan kontak Kak Joks melalui WhatsApp 085162821926.


Author

Bagikan tulisan ini: