GUSDURian Bone Bolango Komitmen Edukasi Masyarakat perihal Demokrasi

Koordinator GUSDURian Bone Bolango, Rahwandi Botutihe menegaskan akan terus mengedukasi masyarakat perihal demokrasi, pada Senin (19/9/2022) lalu.

“Komunitas GUSDURian Bone Bolango akan lebih giat melaksanakan Forum 17-an ini tiap bulan. Kami juga akan terus mengedukasi masyarakat perihal demokrasi melalui 9 nilai utama pemikiran Gus Dur,” jelas Rahwandi setelah menggelar diskusi Forum 17-an dengan tema "Menilik Demokrasi Kita" di Warkop Ruanga Temu Matobonebol, Gorontalo.

Sambungnya, usaha sungguh-sungguh perlu ditegakkan dalam merealisasikan demokrasi di negeri ini. Tapi tak menutup kemungkinan aspirasi demokrasi akan dilawan oleh narasi anti-demokrasi.

“Demokrasi tidak hanya terbatas pada lembaga-lembaga formal, tapi lebih dari itu demokrasi harus melekat pada nilai-nilai tradisi bermasyarakat. Selain itu, juga perlu diperhatikan sebab hal tersebut yang melandasi pengaturan hidup sesungguhnya,” paparnya.

Nilai-nilai demokrasi tidak hanya dipahami, menurutnya lebih dari itu, komitmen dalam menjalankan dan merealisasikannya bersama perlu dijalankan.

“Kami akan selalu turut aktif dalam menanamkan 9 nilai utama pemikiran Gus Dur pada masyarakat, khususnya di Bone Bolango,” tandasnya.

Sebelumnya, diskusi Forum 17-an GUSDURian Bone Bolango dihadiri oleh sejumlah peserta. Terdapat dua pemantik yang terlibat, Zein Slamet Baladraf anggota Bawaslu Bone Bolango dan Wahiyudin Mamonto Ketua Lakpesdam NU Kota Gorontalo 2020.

Author

Bagikan tulisan ini: