Jaringan GUSDURian Raih Anugerah People of The Year 2021

Jaringan GUSDURian meraih anugerah People of The Year 2021 dari Metro TV pada Rabu (24/11/2021) malam. Di antara berbagai kategori yang dianugerahkan Metro TV pada perayaan ulang tahunnya tersebut, Jaringan GUSDURian mendapat penghargaan dalam kategori Patron of Development Partnership atau Teladan dalam Kemitraan Pembangunan.

Selain Jaringan GUSDURian, penghargaan di kategori yang sama juga diraih oleh Kawal Covid-19 dan Rumah Zakat.

Penganugerahan tersebut merupakan bentuk apresiasi Metro TV terhadap partisipasi komunitas atau lembaga masyarakat dalam memerangi pandemi. "Respons dari masyarakat atas aktivitas komunitas tersebut menjadi salah satu indikator penilaian dewan juri. Dan tentu saja kami mengukur dampak dan konsistensi dari aktivitas komunitas tersebut," terang pembawa acara.

Jaringan GUSDURian dipilih karena tidak pernah berhenti dan konsisten menggerakkan simpul jaringnya selama pandemi, serta menolong masyarakat yang terpinggirkan secara ekonomi, pendidikan, dan layanan kesehatan.

Alissa Wahid, koordinator Jaringan GUSDURian, mewakili Jaringan GUSDURian menerima penghargaan People of The Year 2021. Dalam sambutannya, ia menerangkan bahwa Indonesia kaya atas nilai welas asih, rasa senasib sepenanggungan, dan semangat gotong-royong. Ratusan ribu warga Indonesia telah menitipkan apa yang mereka miliki kepada Jaringan GUSDURian melalui program GUSDURian Peduli sebagai tali asih bagi saudara sebangsanya yang terdampak pandemi.

"Terima kasih Metro TV dan dewan juri telah memberikan apresiasi atas hikmat GUSDURian dalam semangat dari rakyat, oleh rakyat, untuk rakyat," pungkas Alissa.

Ketua Dewan Juri People of The Year 2021 Don Bosco Selamun mengatakan seluruh tokoh telah berjibaku melawan virus berbahaya itu. Kinerja mereka di atas rata-rata, bekerja dengan cerdas, dan tanpa lelah menyelamatkan masyarakat.

"Mereka adalah tokoh yang bekerja keras di atas rata-rata. Bekerja cerdas tanpa lelah untuk menyelamatkan anak-anak bangsa. Mereka terdiri dari pengambil keputusan di pemerintahan, para ilmuwan, LSM, dan perusahaan. Mereka telah kami temukan melalui penelusuran yang tidak mudah,” kata Don.

Don menegaskan, jika negeri ini dianggap cukup berhasil mengatasi pandemi Covid-19 maka tangan dan kebijakan para penerima anugerah itulah yang ikut mewarnai suksesi tersebut. Pihak dewan juri telah menemukan 22 tokoh dan institusi yang dinilai pantas menerima penghargaan People of the Year 2021.

Mereka terbagi dalam sembilan kategori. Kesembilan itu adalah Best Governor for Inclusive Economic Growth, Best Governor for Empowerment and Education, Best Governor for Healthcare and Action Against Pandemic, Best Governor for E-Government and Digital Innovation, Innovative Governmental Organization, Patron of Development Partnership, Corporation Participation Against Pandemic, Scientific Breakthrough Against Pandemic, dan Lifetime Achievement.

Bagikan tulisan ini: