Kupas Nilai-Nilai Universal Islam, Pojok GUSDURian Kampus Makassar Hadir Kembali

Kamis, 8 September 2022 GUSDURian Makassar kembali hadir dengan Pojok GUSDURian Kampus. Kali ini Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar menjadi yang pertama dalam melaksanakan Pojok GUSDURian Kampus, dengan mengangkat tema "Nilai-Nilai Universal Islam" yang disampaikan oleh Abdi Goncing (Akademisi UINAM) dan dipandu langsung oleh Nur Rahmi (Penggerak GUSDURian Makassar).

Nur Rahmi selaku moderator membuka diskusi dengan menjelaskan mengenai nilai-nilai universal Islam. Ia menyinggung bahwa nilai universal Islam bersumber dan tidak bertentangan dengan nilai-nilai kemanusiaan.

"Sebelum jauh melangkah ke dalam topik pembahasan, perlu kita ketahui bahwa nilai universal Islam ini bisa dikatakan memiliki spirit yang sama dengan nilai kemanusiaan," tuturnya.

Sementara itu, Abdi Goncing selaku pemateri mengungkapkan bahwa nilai-nilai universal Islam tidak hanya sebagai kerangka renungan semata, melainkan juga sebagai kerangka berpijak umat Islam dalam kehidupan sehari-hari.

"Nilai-nilai universal ini tidak hanya sebagai kerangka refleksi saja, tapi juga sebagai kerangka aksi dalam kehidupan sehari-hari," ungkap Sekertaris Prodi Akidah dan Filsafat Islam tersebut.

Lebih lanjut lagi, di akhir sesi diskusi, Abdi menyampaikan betapa pentingnya menerapkan nilai-nilai ini dalam keseharian.

"Kurang lengkap rasanya jika ada yang mengaku dirinya sebagai muslim tapi enggan menerapkan nilai-nilai ini, karena isi yang diakumulasi dalam nilai-nilai universal Islam itu sejalan dengan spirit kemanusiaan," tutupnya.

Author

Bagikan tulisan ini: